Retrograde Amnesia

23Nov09

Info ini kutemukan di Wikipedia, yang rasanya amnesia seperti inilah yang saat ini menimpaku.

Retrograde amnesia is a form of amnesia where someone will be unable to recall events that occurred before the development of amnesia. The term is used to categorise patterns of symptoms, rather than to indicate a particular cause or etiology. Retrograde amnesia is caused by trauma that results in brain injury. Critical details of the physical changes in the brain that cause retrograde amnesia are still unknown. Retrograde amnesia is often temporally graded, meaning that remote memories are more easily accessible than events occurring just prior to the trauma (Ribot’s Law). Events nearest in time to the event that caused memory loss may never be recovered.

Ini artinya seharusnya aku akan lebih mudah mengingat kejadian-kejadian di masa lampau, dan aku akan bisa sama sekali tidak ingat apapun yang menimpaku beberapa saat sebelum aku terkena amnesia. Kemarin aku sempat bercerita tentang senyuman seorang perempuan manis. Selain itu aku juga beberapa kali mendapat kilasan-kilasan tentang suasana yang pernah aku alami.

Aku melihat kilasan sebuah kota dengan gedung-gedung pencakar langit. Meski banyak sekali gedung, aku masih bisa melihat taman tempat orang berkumpul. Taman dan kolam yang menjadi oasis dari padatnya populasi kota. Orang-orang berjalan berlalu lalang di tengah kota Jakarta? Agak aneh, karena kilasan ini sama sekali berbeda dengan kondisi kota Jakarta saat ini. Entahlah.

Aku sempat pula melihat kilasan cahaya yang bermunculan di langit, meski aku tak ingat cahaya apakah itu, dan apa yang menyebabkannya. Ingatan ini terpicu saat aku melihat video di YouTube tentang munculnya cahaya berbentuk lingkaran sempurna di langit di kota Moskow. Ada sesuatu yang familiar dari video itu.

Aku hanya berharap Retrograde Amnesia ini hanya bersifat sementara saja. Aku tetap saja was-was. Sudah lebih dari 6 minggu berlalu, tapi memori yang kuingat hanya sedikit. Itu pun terasa berbayang, serasa aku baru saja mengingat suatu kejadian yang terjadi di alam mimpi.

No Responses Yet to “Retrograde Amnesia”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

