Kolektif Informasi

22Nov09

Satu hal yang mudah didapat saat aku sudah membiasakan diri dengan peralatan komputer di rumahku adalah informasi. Seperti aku cerita sebelumnya, kalau aku merasakan ada sesuatu yang kuno atau usang dari komputer yang aku pakai, meski terus terang aku tak tahu kenapa aku bisa bilang seperti itu. Perasaan aneh seperti ada sesuatu yang salah itu selalu muncul saat aku menggerakkan mouse menjejahi informasi di beragam halaman web internet.

Begitu banyaknya informasi tersebar dan mudah diakses. Semuanya saling terkait dan melengkapi. Setiap kali aku terkoneksi dengan internet, aku selalu berharap akan muncul memori-memori baru yang terpendam. Mungkin memori yang terpicu saat aku melihat suatu gambar atau video, atau membaca sesuatu di sebuah situs.

Yang lucu adalah saat aku mencoba meregister sebuah alamat email, baik itu di Google maupun Yahoo. Aku tak ingat sama sekali tanggal lahirku. Aku tak ingat asalku. Hahaha, jadi aku pun akhirnya menetapkan sendiri tanggal ulang tahunku (setidaknya sampai aku ingat tanggal sebenarnya). Aku memasukkan tanggal 11 September 1980, sesuai tanggal yang tertera di kartu identitasku (entah ini benar atau tidak).

Setiap informasi yang kuanggap relevan atau setidaknya mungkin yang bisa membantu memicu memori aku simpan semuanya di Tumblr. Anggaplah ini sebagai alat untuk mengkoleksi semua pecahan informasi yang (mungkin) relevan dengan hilangnya memoriku.

Oh ya, terkadang aku pun menyimpan tautan laman web yang memang pula menarik. Saat ini mungkin belum banyak, tapi sambil berjalan, aku rasa aku akan bisa menemukan jawaban hilangnya memoriku ini melalui beragam bacaan yang aku kumpulkan di sini.

One Response to “Kolektif Informasi”

  1. 1 eliabintang

    inilah enaknya hidup di era informasi! eiya tgl lahirnya sama kyk adik saya.. :mrgreen:

    salam kenal yah!


Tinggalkan Balasan

